“Keinginan Organisatif” melalui Lagu-Lagu Pramuka 2010 ke Atas


JAYALAH PRAMUKA

Gerakan Pramuka Praja Muda Karana
Sebagai wahana kaum muda suka berkarya
Kader pembangunan sebagai perekat bangsa
Disiplin berani dan setia berakhlak mulia

Bersatu padu menyongsong masa depan yang gemilang
Satu Pramuka untuk satu Indonesia
Melangkah maju menuju masyarakat yang sentosa
Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia
(Lagu Resmi Ulang Tahun Pramuka ke-50)

Satu Pramuka untuk Satu Indonesia” adalah motto HUT 50 gerakan Pramuka, namun dalam ungkapan ini mengandung keinginan yang sangat dari Gerakan Pramuka sebagai representasi gerakan kepanduan untuk bersatu sebagaimana 1961. Setelah dikeluarkannya UU No 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka, belum bisa mempersatukan gerakan-gerakan kepanduan yang “memisahkan” diri dari tubuh Pramuka.
Keinginan ini belum bisa dikatakan mulus, karena pada taraf cabang, maupun ranting, Pramuka hanya dijadikan sebagai kegiatan “waktu luang” dan mengesampingkan pesan “satu pramuka untuk satu Indonesia” ini. Hendaknya walaupun secara organisatif beberapa organisasi tidak lagi ada dalam Gerakan Pramuka, namun membuat sebuah kegiatan yang dapat memadahi beberapa organisasi ini menjadi sangat bijaksana. Di samping menghadirkan slogan itu, juga disampaikan dalam wujud pelaksanaan kegiatan, sehingga secara tidak langsung organisasi lain menjadi simpatik dan dapat meleburkan dirinya dalam Gerakan Pramuka sekali lagi.
Di sini, berarti bukan menjaga wibawa satu sama lain, melainkan membuka lebar pintu untuk mewadahi yang lain, sehingga “Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia” bukan hanya nyanyian sesaat.
“Keinginan Organisatif” melalui Lagu-Lagu Pramuka 2010 ke Atas “Keinginan Organisatif” melalui Lagu-Lagu Pramuka 2010 ke Atas Reviewed by Ubet Zubaidi on 14:12 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.