Artikel saya masuk Jurnal Jambore Daerah 13 Jateng, Kok tidak terlacak sumber maupun rujukan kutipan? Pencurian Konten?

artikel-Jambore-Daerah-13-jateng-2012-no-linkJambore Daerah 13 Jawa Tengah 2012 | Jurnal – Jambore merupakan kegiatan pertemuan Pramuka Penggalang dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang tentunya menurut PDK/MK. Kegiatan ini diadakan secara berkala di masing-masing kwartir. Tahun 2012 ini merupakan tahun yang dinanti karena Jambore Daerah Jawa Tengah dilaksanakan di Karanganyar dalam waktu dekat.

Sungguh, kepalang kaget saya menyambangi posrtal online jamda jateng dan melihat judul yang menarik. Yah, memang judul tentang Pramuka Pekalongan menjadi amat menariknya, semenarik bagaimana menerbitkan ulasan-ulasan tentang postingan terkait di blog ini. waktu itu (23/6) saya memelototin artikel yang berjudul “Kwarcab Pekalongan Siapkan Jamda” di link http://jurnal.pramukajateng.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=29.

artikel-Jambore-Daerah-13-jateng-2012-no-link2Yang saya herankan adalah, saya mendapati foto yang tidak asing, dan ketika saya baca kalimat perkalimat, ternyata memang artikel saya. yaitu artikel yang berjudul “Puluhan Pramuka Kwarcab Kabupaten Pekalongan Ikuti Latihan Persiapan Jambore Daerah 2012” di link ini http://www.ubetzubaidi.web.id/2012/05/puluhan-pramuka-penggalang-kwarcab.html?.

Saya sempat berpikir ini adalah artikel yang sangat mirip, namun kemiripannya saya katakan 100%, ya karena memang ini artikel dari blog saya.

Bukan keberatan artikel saya terpublish di jurnal jamda jateng 2012, namun yang saya sayangkan, bahwan watermark (tanda air) dalam foto ilustrasi telah terpotong entah dengan maksud apa, juga tidak terdapatnya rujukan (link) yang menyatakan sumber artikel ini berasal.

Saya sedang tidak mengejar hal itu, namun saya rasa sangat konyol sekali organisasi yang sebesar Pramuka, terutama Kwarda Jawa Tengah berlaku seperti ini: mengkopi 100% artikel tanpa menampilkan sumber kutipan. Tidak ilmiah, kata pembimbing karya tulis saya.

Kalau yang selama ini saya jadikan teladan melakukan hal yang semacam ini, lalu kepada siapa lagi saya harus mencari contoh yang baik?

Artikel saya masuk Jurnal Jambore Daerah 13 Jateng, Kok tidak terlacak sumber maupun rujukan kutipan? Pencurian Konten? Artikel saya masuk Jurnal Jambore Daerah 13 Jateng, Kok tidak terlacak sumber maupun rujukan kutipan? Pencurian Konten? Reviewed by Ubet Zubaidi on 04:27 Rating: 5

2 comments:

  1. Tim Jurnal Jambore Daerah ke 13 Tahun 2012
    Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah kiranya perlu
    mengklarifikasi kebenarannya..jikapun benar
    adanya Tim Jurnal tidak perlu malu untuk me
    meminta maaf kepada Kak Ubet Zubaidi.Bukan
    Begitu Kak Ubet Zubaidi ? Salam.
    Sigit Djoko Sutomo - Pernah menjadi aktifis
    Pramuka di Provinsi Jawa Tengah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih respon nya yang cepat kakak..
      kami belajar banyak dari hal ini

      Delete

Powered by Blogger.