Workshop Peningkatan Mutu Akreditasi Kemenag 2013

Workshop Peningkatan Mutu Akreditasi Melalui Peningkatan Mutu Bahasa Inggris Angakatan II 2013Workshop Peningkatan Mutu Akreditasi Melalui Peningkatan Mutu Bahasa Inggris Angakatan II 2013 | MA Nahdhiyah Talun – Siang itu (3/12) saya dihubungi oleh kepala madrasah, tak seperti biasanya selain SMS saya ditelpon untuk mengambil surat tugas di Kemenag Kajen. Entah ada apa, pentingkah hingga harus segera dilakukan? Tanpa pikir panjang saya langsung menuju Kemenag Kabupaten Pekalongan di Kajen walaupun hari sedang gerimis.

Sesampainya di sana, ternyata saya adalah orang yang akan dikirim dalam Workshop Peningkatan Mutu Akreditasi Melalui Peningkatan Mutu Bahasa Inggris Angakatan II 2013 di Bandung Jawa Barat, Betapa terkejutnya pasalnya kegiatan yang akan saya ikuti ini dilangsungkan Besok! Pun, prosesnya saya harus menunggu berjam-jam karena mati lampu dan hujan sebelum saya mendapatkan surat tugas yang dimaksud.

Setelah berdiskusi dengan istri, selanjutnya saya memilih untuk menggunakan kereta api Harina untuk menuju Bandung berangkat pukul 23.00 WIB. Setelah memesan tiket, kembali ke rumah dan mempersiapkan barang bawaan hingga diantar oleh Istri dan Ibu ke Stasiun Pekalongan. Pengelaman pertama naik kereta api.

Huh, lega sudah bisa naik kereta api menuju Bandung, masalah menemukan lokasi kegiatan itu masalah nanti. Akhirnya tepat pukul 07.00 WIB saya tiba di Stasiun Bandung. Siangnya saya menyewa sebuah becak untuk membantu saya menemukan Hotel Grand Pasundan, ini juga pengalaman pertama naik becak lho…Workshop Peningkatan Mutu Akreditasi Melalui Peningkatan Mutu Bahasa Inggris Angakatan II 2013

Akhirnya sampai juga di Hotel Grand Pasundan, langsung deh, ke resepsionis dan check in, dapat kamar nomor 230, begitu masuk kamar langsung bongkar barang dan mandi!

Kegiatan Workshop

Setelah pembukaan pukul 20.00 WIB oleh Kasubdit Kelembagaan Dirjen Pendis Kemenag, kegiatan dilanjutkan besok paginya dengan berbagai sesi, diantaranya adalah pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan, menarik; pemanfaatan laboratorium bahasa secara optimal dan berjumpa dengan native speaker Alex. Kegiatan cukup memberikan wawasan peningkatan kemampuan mengajar Bahas Inggris dan selanjutnya dapat diaplikasikan dalam pembelajaran di sekolah masing-masing.

Teman Sekamar

Pak Danial dari Jeneponto Sulawesi Selatan adalah teman sekamar saya, banyak cerita yang saya dapatkan darinya, mulai dari Kegiatannya mengajar yang kadang harus menempuh waktu 2 jam perjalanan, pribadi, hingga penuturannya tentang keluarga kecil di sana.

Ia bercerita sampai harus menginap dalam mobil sampai berkendara berjam-jam untuk ke Makassar dan terbang ke Jakarta. Dari Jakarta rombongan dari provinsinya harus naik travel hingga ke hotel, semuanya dadakan kelakarnya.

Saya banyak belajar dari beliau, tentang kerja keras, tentang pengabdian. Semoga lain waktu bisa berjumpa lagi.

Pulang

Sudah saatnya pulang! tapi sebelumnya jumatan dulu di masjid samping Hotel. Setelah itu saya naik taksi (pertama kali nih) ke Stasiun Bandung. Bermodal tiket yang sudah dibeli saat tiba di Bandung, naik Harina ke Pekalongan jam 20.30 WIB. Walaupun kelas ekonomi yang penting nyampe juga lah… khan sama. Eh.masuh sore yah saya sempatkan jalan-jalan dahulu di sekitar stasiun sampai menunggu waktunya berangkat.

Pukul 06.00 WIB sudah sampai di Pekalongan, giliran menunggu jemputan Istri tercinta. Nah, sudah datang dan kami mampir makan dulu sebentar di pasar Wiradesa.

Huh, akhirnya sampai juga di rumah, setelah perjalanan 3 hari ke Bandung yang ehm…seperti mimpi.

Sampai berjumpa lagi Bandung, Sampai berjumpa lagi Pak Danial.

Workshop Peningkatan Mutu Akreditasi Kemenag 2013 Workshop Peningkatan Mutu Akreditasi Kemenag 2013 Reviewed by Unknown on 05:51 Rating: 5